Seberapa Pentingkah Ilmu Pengetahuan

Pentingnya kedudukan pengetahuan di dalam kehidupan manusia, kudu kita kritisi apakah pengetahuan senantiasa merupakan suatu hal yang berfungsi bagi manusia ? Dan sebenarnya udah terbukti, bersama kemajuan pengetahuan pengetahuan, manusia dapat menciptakan beraneka bentuk teknologi seperti link sbobet mobile android yang bisa dimainkan dimana saja. Misalnya, pembuatan bom yang pada mulanya untuk memudahkan kerja manusia ( pekerjaan menambang, misalnya ), namun kemudian dipergunakan untuk hal-hal yang berbentuk negatif yang mengundang malapetaka bagi umat manusia itu sendiri, seperti yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki bertahun-tahun lalu.

Disinilah kemudian pengetahuan kudu di letakkan secara proporsional dan memihak pada nilai-nilai kebaikan dan kemanusian. Sebab, jika pengetahuan tidak berpihak pada nilai-nilai, maka yang terjadi adalah bencana dan malapetaka.

Seberapa Pentingkah Ilmu Pengetahuan

ILMU DAN MORAL

Berbicara kasus pengetahuan dan ethical sebenarnya udah terlampau tidak asing lagi, keduanya miliki keterkaitan yang terlampau kuat. Ilmu dapat menjadi malapetaka kemanusiaan jika seseorang yang memanfaatkannya “tidak bermoral” atau paling tidak mengindahkan nilai-nilai ethical yang ada. Tapi sebaliknya pengetahuan dapat menjadi manfaat bagi kehidupan manusia jika dimanfaatkan secara benar dan tepat, pastinya senantiasa mengindahkan aspek moral.

Perkembangan pengetahuan seperti ilmu filsafat sebagai ilmu tertua tidak pernah terlepas berasal dari ketersinggungannya bersama beraneka kasus moral. Baik atau buruknya ilmu, terlampau terbujuk oleh kebaikan atau keburukan ethical yang para penggunanya. Peledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat, merupakan sebuah contoh penyalahgunaan pengetahuan pengetahuan dan teknologi yang udah maju pada jamannya.

Penjelasan:
Ilmu pengetahuan adalah proses pembentukan pengetahuan yang berbentuk konsisten menerus. Fungsi utama pengetahuan pengetahuan adalah untuk memandu manusia sehingga dapat menjalani kehidupan bersama lebih baik.

Ilmu alam

Ilmu alam termasuk sains dan teknologi. Ilmu ini mempelajari hukum-hukum alam dan terhitung mempelajari cara merekayasa benda-benda sehingga dapat menjadi perihal yang berfungsi bagi manusia. Contoh berasal dari hasil pengetahuan pengetahuan ini adalah kemajuan teknologi yang kita nikmati kala ini. Teknologi udah mempermudah hidup kita, kendaraan (mobil, motor, dll) dapat memindahkan manusia lebih cepat daripada kuda, telpon menyampaikan Info lebih cepat berasal dari surat. Teknologi berasal dari hasil pengetahuan alam udah memudahkan hidup manusia.

Ilmu sosial

Ilmu ini mempelajari tentang jalinan antar manusia. Dengan studi pengetahuan ini, kita dapat tahu manusia bersama lebih baik. Contoh pengetahuan sosial diantaranya ekonomi, sosiologi, antropologi, dan lain-lain. Ilmu ekonomi berperan dalam terbentuknya kegiatan ekonomi yang lebih terstruktur. Ilmu sosiologi sangat mungkin kita untuk lebih tahu jalinan antar manusia.

Ilmu budaya/agama

Ilmu ini mempelajari tentang hal-hal yang berbentuk intern seperti sikap, moral, dan etika. Ilmu ini membawa dampak manusia tahu cara membedakan yang mana yang baik dan yang mana yang buruk. Dengan tahu yang baik dan yang buruk, maka kehidupan manusia menjadi lebih harmonis.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *